( RPP )
Sekolah...........: SMP Negeri 5 Depok Sleman
Mata Pelajaran....: Matematika
Kelas/semester....: VIII/2
Siklus / pertemuan : I / 1
- Model: Pembelajaran kooperatif
- Pendekatan: Student Team Achivment Devision ( STAD )
- Metoda : Kombinasi Tanya-jawab, Demonstrasi, diskusi, presentasi, dan penemuan terbimbing
Pendahuluan : ( 10 Menit )
a. Memulai pembelajaran dengan salam dan do'a
b. Mengingat kembali pembelajaran sebelumnya ( tentang garis singgung dan sifatnya )
c. Membahas PR Jika ada
d. Guru mengimformasikan tentang tujuan pembelajaran yang akan berlangsung
Kegiatan Inti : ( 60 menit )
a. Peserta didik mempersipkan diri untuk belajar berkelompok
b. Dengan demonstrasi diperagakan tentang cara melukis garis singgung lingkaran ( melalui satu titik pada ligkarab dan melalui satu titik di uar lingkarana. Memulai pembelajaran dengan salam dan do'a
b. Mengingat kembali pembelajaran sebelumnya ( tentang garis singgung dan sifatnya )
c. Membahas PR Jika ada
d. Guru mengimformasikan tentang tujuan pembelajaran yang akan berlangsung
Kegiatan Inti : ( 60 menit )
a. Peserta didik mempersipkan diri untuk belajar berkelompok
c. Dengan diskusi kelompok, peserta didik menuliskan langkah-langkah menggambar garis singgung lingkaran ( melalui satu titik pada dan diluar lingkaran )
d. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusinya
e. Dengan tanya-jawab peserta didik membuat kesimpulan bahwa : melalui 1 titik pada lingkaran dapat dibuat satu garis singgung, dan melalui 1 titik diluar lingkaran dapat dibuat dua garis singgung )
f. Dengan demonstrasi diperagakan kedudukan posisi dua lingkaran
g. Peserta didik menentukan garis-garis singgung persekutuan yang mungkin dari kedudukan dua lingkaran tersebut.
h.Peserta didik mempresentasikan di depan kelas
i. Dengan tanya-jawab peserta didik diarahkan untuk menentukan kesimpulan bahwa :
- Garis singgung persekutuan ialah garis yang menyinggung kedua lingkaran itu tepat di satu tititk singgung kedua lingkaran
- Terdapat dua macam garis singgung pesekutuan : dalam dan luar
Penutup : ( 10 Menit )
a. Peserta didik membuat rangkuman terhadap materi yang telah dipelajarinya
b. Refleksi dan evaluasi terhadap proses pembelajaran yang telah dilaksanakan
c. Peserta didik diberi PR
Siklus / pertemuan : II / 2
- Model: Pembelajaran kooperatif
- Pendekatan: Student Team Achivment Devision ( STAD )
- Metoda : Kombinasi Tanya-jawab, Demonstrasi, diskusi, presentasi, dan penemuan terbimbing
Pendahuluan : ( 10 Menit )
a. Memulai pembelajaran dengan salam dan do'a
b. Guru mengecek kehadiran peserta didik
c. Mengingat kembali pembelajaran sebelumnya
d. Membahas PR Jika ada
e. Guru mengimformasikan tentang tujuan pembelajaran yang akan berlangsung
Kegiatan Inti : ( 60 Menit )
a. Peserta didik mempersiapkan diri untuk belajar
b. Dengan demonstrasi menggunakan gambar peserta didik diarahkan menemukan rumus panjang garis singgung persekutuan " dalam " dua lingkaran
c. Bersama peserta didik membahas beberapa aplikasi rumus panjang garis singgung persekutuan dalam
d. Dengan diskusi kelompok, peserta didik membahas kuis
e. Presentasi hasil diskusi
f. Peserta didik menempelkan rekapitulasi hasil prestasi kelompok
Penutup : ( 10 Menit )
a. Peserta didik membuat rangkuman terhadap materi yang telah dipelajarinya
b. Refleksi dan evaluasi terhadap proses pembelajaran yang telah dilaksanakan
c. Peserta didik diberi PR
Siklus / pertemuan : III / 3
- Model: Pembelajaran langsung
- Pendekatan: CBSA
- Metoda : Kombinasi Tanya-jawab, Demonstrasi, penalaran dan penugasan
Pendahuluan : ( 10 Menit )
a. Memulai pembelajaran dengan salam dan do'a
b. Guru mengecek kehadiran peserta didik
c. Mengingat kembali pembelajaran sebelumnya
d. Membahas PR Jika ada
e. Guru mengimformasikan tentang tujuan pembelajaran yang akan berlangsung
Kegiatan Inti : ( 60 Menit )
a. Peserta didik mempersiapkan diri untuk belajar
b. Disertai dengan demonstrasi , peserta didik melukis garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran
c. Menyatakan atau membuktikan bahwa garis singgung persekutuan dua lingkaran tegak lurus salah-satu jari-jari atau diameter lingkaran
d. Peserta didik membahas latihan sebagai pendalaman materi
e. Dengan LKS peserta didik mengerjakan tugas melukis kembali garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran
f. Presentasi hasil lukisan untuk 8 siswa terbaik yang dapat melukis dengan benar
Penutup : ( 10 Menit )
a. Peserta didik membuat rangkuman terhadap materi yang telah dipelajarinya
b. Refleksi dan evaluasi
c. Peserta didik diberi PR
Tidak ada komentar:
Posting Komentar