PENILAIAN DIRI GURU
Nama sekolah
|
SMPN 1 KADUDAMPIT
|
Nama Guru
|
AGUS SUPRANTO, S.Pd
|
Lama Mengajar
|
21 Tahun
|
Jelaskan
secara singkat apa yang Anda pahami terkait kompetensi pedagogik berikut!
NO
|
KOMPETENSI
|
PENJELASAN
|
A
|
Pedagogik
|
|
1
|
Pemahaman terhadap Karakteristik peserta didik
|
Karakteristik peserta didik adalah ciri-ciri yang melekat
pada diri peserta didik. Karakteristik siswa digunakan guru untuk menentukan
metode, model, media dan bahan ajar yang akan disampaikan ke peserta didik.
Pemahaman guru terhadap karakter peserta didik sangat menentukan keberhasilan
dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
|
2
|
Kemampuan praktik Pengelolaan kelas
|
Pengelolaan kelas adalah segala sesuatu yang meliputi
upaya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi dalam suatu
kelas dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Pengelolaan kelas meliputi
bagaimana kelas tersebut diatur, dijalankan dan dievaluasi. Semua tindakan
tersebut mengarah pada ketercapaian tujuan pembelajaran.
|
3
|
Pemahaman terhadap 3 (tiga) aspek HOTS:
a. Pemahaman tentang cara melaksanakan proses belajar yang
melatihkan Aspek Transfer Knowledge
|
Transfer of knowledge adalah usaha yang dilakukan untuk
menyampaikan pengetahuan.
|
|
b. Pemahaman tentang cara melaksanakan proses belajar yang
melatihkan Aspek critical dan creative
thingking
|
Critical dan
creative thingking adalah proses berpikir kritis dan kreatif dalam
menghadapi suatu keadaan tertentu.
|
|
c. Pemahaman tentang cara melaksanakan proses belajar yang
melatihkan Aspek problem solving
|
Problem solving
adalah proses atau usaha untuk mencari solusi dari masalah yang ada.
|
4
|
Kemampuan menganalisis Kompetensi Dasar
|
Analisis Kompetensi Dasar adalah upaya yang dilakukan
untuk menguraikan kompetensi dasar dan mencari keterkaitan dari uraian-uraian
yang terkandung dalam suatu kompetensi dasar.
|
5
|
Kemampuan menganalisis Perumusan Indikator pencapaian
kompetensi (IPK)
|
Perumusan Indikator pencapaian kompetensi (IPK) adalah
proses pembuatan tolok ukur yang digunakan untuk mengetahui ketercapaian
kompetensi.
|
6
|
Pemahaman dan kemampuan melaksanakan Model-model
pembelajaran yang berorientasi HOTS
|
Model-model pembelajaran adalah kumpulan beberapa metode
dan teknik pembelajaran yang dirangkai dalam langkah-langkah pembelajaran
(sintak).
|
7
|
Pemahaman dan kemampuan melaksanakan Pengembangan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berorientasi HOTS
|
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
berorientasi HOTS adalah RPP yang memuat perencanaan pembelejaran yang
memperhatikan pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi.
|
8
|
Pengembangan soal HOTS
|
Pengembangan soal HOTS adalah upaya yang dilakukan untuk
membuat soal evaluasi yang merangsang kemampuan berpikir tingkat tinggi.
|
B
|
Profesional
|
Profesional adalah suatu kemampuan yang diperoleh dari
proses pendidikan. Dengan kata lain, orang yang disebut professional adalah
orang yang melakukan sesuatu tidak dengan asal-asalan/ amatiran.
|
9
|
Penguasaan materi, struktur dan konsep mata pelajaran yang
diampu
|
Penguasaan materi, struktur dan konsep mata pelajaran yang
diampu adalah kemampuan yang dimiliki guru pada materi ajar, tata cara
bagaimana materi ajar itu disusun dan rangkaian fakta yang membentuk sebuah
mata pelajaran.
|
10
|
Pengembangan professional melalui tindakan yang reflektif
|
Pengembangan professional melalui tindakan yang reflektif
adalah suatu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme melalui
kegiatan memikirkan kembali apa yang sudah dilakukan
|
Tanda Tangan Guru,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar