PENILAIAN
DIRI GURU
Nama sekolah
|
SMPN 1 KADUDAMPIT
|
Nama Guru
|
AGUS SUPRANTO, S.Pd
|
Lama Mengajar
|
21 Tahun
|
Tugas :
1. Instrumen ini merupakan sarana refleksi diri
terhadap kemampuan beberapa kompetensi
pedagogik dan
profesional yang ada rasakan saat ini.
2. Buatlah deskripsi atas
kemampuan/pemahaman/penguasaan yang dirasakan saudara saat ini
terhadap aspek-aspek
berikut ini.
3.
Deskripsi dituangkan pada kolom yang disesuaikan.
NO
|
KOMPETENSI
|
PENILAIAN DIRI TERHADAP KOMPETENSI TERKAIT
|
A
|
Pedagogik
|
|
1
|
Pemahaman
terhadap Karakteristik peserta didik
|
Saya telah
memahami sebagian besar karakteristik peserta didik yaitu ciri-ciri yang
melekat pada diri peserta didik tersebut. Yang mana karakteristik siswa ini
saya gunakan untuk menentukan metode, model, media dan bahan ajar yang akan
disampaikan ke peserta didik. Pemahaman terhadap karakter peserta didik ini sangat
menentukan keberhasilan dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
|
2
|
Kemampuan
praktik Pengelolaan kelas
|
Pengelolaan
kelas selalu saya kondisikan yang
meliputi upaya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi dalam
suatu kelas dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Pengelolaan kelas ini meliputi
bagaimana kelas tersebut diatur, dilaksanakan dan dievaluasi. Semua tindakan
tersebut mengarah pada ketercapaian tujuan pembelajaran.
|
3
|
Pemahaman
terhadap 3 (tiga) aspek HOTS:
a.
Pemahaman tentang cara melaksanakan
proses belajar yang melatihkan Aspek Transfer
Knowledge
|
Transfer of
knowledge adalah usaha yang dilakukan untuk menyampaikan pengetahuan. Hal ini
saya lakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan mendesain materi sehingga
mudah dipahami, merencanakan secara matang, melaksanakan dengan
sungguh-sungguh, serta meng-evaluasinya.
|
|
b.
Pemahaman tentang cara melaksanakan
proses belajar yang melatihkan Aspek critical
dan creative thingking
|
Critical dan creative thingking adalah proses berpikir kritis dan
kreatif dalam menghadapi suatu keadaan tertentu. Usahanya diantaranya : siswa
diberi stimulus ( dapat berupa gambar, manfaat materi, materi yang
konstektual, dll ) supaya dapat kritis dan kreatif.
|
|
c.
Pemahaman tentang cara melaksanakan
proses belajar yang melatihkan Aspek problem
solving
|
Problem solving adalah proses atau usaha untuk
mencari solusi dari masalah yang ada. Melatihnya dengan berbagai persoalan
yang ada.
|
4
|
Kemampuan
menganalisis Kompetensi Dasar
|
Analisis
Kompetensi Dasar adalah upaya yang dilakukan untuk menguraikan kompetensi
dasar dan mencari keterkaitan dari uraian-uraian yang terkandung dalam suatu
kompetensi dasar.
|
5
|
Kemampuan
menganalisis Perumusan Indikator pencapaian kompetensi (IPK)
|
Perumusan
Indikator pencapaian kompetensi (IPK) adalah proses pembuatan tolok ukur yang
digunakan untuk mengetahui ketercapaian kompetensi.
|
6
|
Pemahaman
dan kemampuan melaksanakan Model-model pembelajaran yang berorientasi HOTS
|
Model-model
pembelajaran adalah kumpulan beberapa metode dan teknik pembelajaran yang
dirangkai dalam langkah-langkah pembelajaran (sintak).
|
7
|
Pemahaman
dan kemampuan melaksanakan Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) berorientasi HOTS
|
Pengembangan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berorientasi HOTS adalah RPP yang
memuat perencanaan pembelajaran yang memperhatikan pengembangan keterampilan
berpikir tingkat tinggi.
|
8
|
Pengembangan
soal HOTS
|
Pengembangan
soal HOTS adalah upaya yang dilakukan untuk membuat soal evaluasi yang
merangsang kemampuan berpikir tingkat tinggi.
|
B
|
Profesional
|
Profesional
adalah suatu kemampuan yang diperoleh dari proses pendidikan. Dengan kata
lain, orang yang disebut professional adalah orang yang melakukan sesuatu
tidak dengan asal-asalan/ amatiran.
|
9
|
Penguasaan
materi, struktur dan konsep mata pelajaran yang diampu
|
Penguasaan
materi, struktur dan konsep mata pelajaran yang diampu adalah kemampuan yang
dimiliki guru pada materi ajar, tata cara bagaimana materi ajar itu disusun
dan rangkaian fakta yang membentuk sebuah mata pelajaran.
|
10
|
Pengembangan
professional melalui tindakan yang reflektif
|
Pengembangan
professional melalui tindakan yang reflektif adalah suatu upaya yang
dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme melalui kegiatan memikirkan
kembali apa yang sudah dilakukan
|
|
Guru Mata Pelajaran
Matematika,
AGUS SUPRANTO, S.Pd
NIP. 196808022000121004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar