Identifikasi kegiatan pembelajaran PPK, Lietarasi dan HOTS
pada Lk berikut!
Kegiatan Pembelajaran HOTS
BARISAN DAN DERET ARITMATIKA SMK – DL
|
|
PPK
|
Religiositas :
·
Bersalaman
dengan Ibu ketika mau berangkat ke
sekolah
·
Bersalaman
dengan ayahnya ketika sampai gerbang sekolah
·
Bersalaman
dengan guru
·
Mengucapkan
salam ketika guru memasuki ruang kelas
·
Ketua
kelas ( atas instruksi guru ) memimpin ber’doa sebelum PBM dimulai
·
Atas
instruksi guru membaca Qur’an ( S. Al-Ikhklas, S. Al-Falaq dan S. Annas ) sebelum
PBM dimulai.
Nasionalisme :
·
Siswa
mengamati slide proyektor yang ditayangkan guru dengan seksama
·
Siswa
dengan tertib mengajukan dan menjawab pertanyaan guru
Kemandirian :
·
Siswa
datang ke sekolah tepat waktu ( diantar ayahnya dengan motor )
·
Siswa
memakai pakaian sesuai tata tertib sekolah
·
Video
yang memperlihatkan siswa sedang membaca buku di taman sekolah sebelum bel
masuk berbunyi
·
Siswa
duduk di kursinya masing-masing dalam kelas dengan tertib
·
Siswa
membaca buku di dalam kelas dengan tertib sebelum PBM dimulai ( walaupun guru
belum ada )
Gotong Royong :
·
Video
yang memperlihatkan siswa sedang
memungut sampah dan dimasukan di tempat sampah
Pada saat berjalan di lingkungan sekolah ( membantu tukang kebun /
penjaga sekolah )
·
Siswa melaksanakan kerja kelompok saat PBM
berlangsung
Integritas :
·
Siswa
menjawab pertanyaan guru dengan benar dan tepat
·
Siswa
menyimak pertanyaan guru dengan baik setelah melihat gambar pada slide
proyektor
|
Literasi
|
Literasi baca-tulis :
·
Video
yang memperlihatkan siswa sedang membaca buku di taman sekolah sebelum bel
masuk berbunyi
·
Siswa
membaca buku di dalam kelas dengan tertib sebelum PBM dimulai ( walaupun guru
belum ada )
Literasi numerasi :
·
Siswa
membaca angka-angka yang tertera pada spedometer
·
Siswa
menjawab soal hitungan
·
Siswa
menganalisis rumus barisan dan deret bilangan aritmatika
Literasi sains :
·
Siswa
membaca spedometer yang berguna untuk menandakan kecepatan sepeda bermotor
Literasi digital :
·
Siswa
membaca materi yang ada di slide proyektor
Literasi financial :
·
Siswa
berangkat ke sekolah diantar oleh orang-tuanya
·
Siswa
membaca slide yang menerangkan tentang biaya taksi dengan argo Rp. 5.000 / km
Literasi Budaya dan Kewargaan :
·
Siswa
mengajukan pertanyaan dan menjawabnya dengan sopan-santun
|
Transfer Knowledge ( TK )
(kegiatan Pembelajaran yang menggambarkan TK
(c4-c6))
|
·
Siswa
menyimak slide tentang barisan
bilangan dengan pola yang tetap ( penambahan ) bilangan yang tetap dinamakan,
“ barisan bilangan aritmatika “.
·
Siswa
mengkaji bilangan-bilangan yang tertera pada slide
·
Siswa
diberi kesempatan untuk menganalisis angka-angka pada spedometer melalui bimbingan
guru
·
Menentukan
permasalahan yang akan dibahas tentang berisan aritmatika
·
Memberi
kesempatan untuk mengerjakan LKS sesuai arahan guru
·
Mengumpulkan
data-data yang di dapat pada LKS
·
Mengolah
data berdasar data yang telah diperoleh
·
Mengeksplorasi
masalah, menentukan objek yang berhubungan dengan masalah, memeriksa masalah,
memecahkan masalah, menemukan informasi untuk menentukan solusi
·
Melaksanakan
rencana yang telah ditentukan
·
Memeriksa
solusi, pemeriksaan solusi terhadap pemecahan masalah
|
Critical
thinking, Creativity ( CC )
(kegiatan Pembelajaran yang menggambarkan CC)
|
·
Tanya-jawab
guru tentang perbedaan gambar yang ditayangkan dan siswa menganalisa adanya
perbedaan tersebut
·
Tanya-jawab
guru dan siswa tentang bilangan-bilangan yang tertera pada gambar (
spedometer )
·
Siswa
menyimpulkan tentang deretan bilangan yang tertera pada spedometer bawasannya
bilangnannya kelipatan 20.
·
Dengan
tanya-jawab, Siswa menganalisa gambar lain ( lingkaran berwarna ) susunan
jumlah warna : 1, 3, 5, 7 yang ternyata memiliki pola.
·
Video
yang menayangkan pertanyaan siswa, “ Apakah selisih suku-suku pada barisan
bilangan selalu positif ?”, bagaimana dengan bilangan yang tertera pada lampu
trafig liht yang selalu menurun ?
·
Dari
hal di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa : Peserta didik dapat
mengidentifikasi, menganalisis, menginterprestasikan, dan meng-evaluasi
bukti-bukti, argumentasi klaim, dan data-data yang tersaji secara luas
melalui pengkajian secara mendalam, serta merefleksikannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Problem Solving
( PS )
(kegiatan Pembelajaran yang menggambarkan PS)
|
·
Menentukan permasalahan berupa barisan
aritmatika
·
Mengeksplorasi masalah berupa angka-angka pada
spedometer yang dijadikan sebagai acuan penentuann aritmatika
·
Merencanakan solusi
·
Melaksanakan rencana dengan LKS
·
Memeriksa solusi
|
LK 1b – 1d
Mata Pelajaran/Tema/Sub
Tema : Matematika / Relasi dan
Fungsi/ Nilai Fungsi
Kelas :
VIII ( Delapan )
Kompetensi Inti :
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
LK-1b. Pasangan KD dan Target dari KD pengetahuan dan Keterampilan
KD Pengetahuan :
3.3 Mendeskripsikan dan menyatakan relasi dan
fungsi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata,
tabel, grafik, diagram, dan
persamaan)
Target KD Pengetahuan :
1. Mendeskripsikan relasi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)-C1
2. Menyatakan relasi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)-
3. Mendeskripsikan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)
4. Menyatakan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)
|
KD Keterampilan :
4.3 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan relasi dan fungsi
Dengan menggunakan
berbagai representasi
Target KD Keterampilan :
1 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan relasi dengan
menggunakan berbagai representasi
2. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan fungsi dengan
menggunakan berbagai representasi
|
LK-1c.
Matrik sumbu simetris KD Pengetahuan
DIMENSI PENGETAHUAN
(Permendikbud No. 20
Tahun 2016 Tentang SKL Pendidikan Dasar dan Menangah)
|
METAKOGNITIF
|
|
|||||
PROSEDURAL
|
Menganalisis
|
Menyatakan/melaporkan/mempresentasikan/mengemukakan/menyampaikan/mengutarakan/menggambarkan
|
Menyatakan/melaporkan/mempresentasikan/mengemukakan/menyampaikan/mengutarakan/menggambarkan
|
||||
KONSEPTUAL
|
Mendeskripsikan/menjelaskan/menguraikan/melukiskan/merumuskan/menceritakan
|
Menemukan
|
Menyajikan
|
Mengumpul
kan
|
|||
FAKTUAL
|
Mendeskripsikanmen/menjelaskan/menguraikan/melukiskan/merumuskan/menceritakan
|
||||||
C1
MENGINGAT
|
C2
MEMAHAMI
|
C3
MENGAPLIKASIKAN
|
C4
MENGANALISIS
|
C5
MENGEVALUASI
|
C6
MENCIPTA
|
||
DIMENSI PROSES
BERFIKIR
Ranah Kognitif (C1 – C6) Taksonomi Bloom
|
LK-1d. Format Perumusan IPK
No
|
KD
|
Tingkat Kompetensi KD
|
Proses Berpikir
(C1-C6)
Dimensi Pengetahuan
|
IPK
|
Materi dan Sub Materi
|
||
1
|
|
||||||
3.3
Mendeskripsikan
dan menyatakan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)
|
Dimensi Pengetahuan:
Faktual
Konseptual
Prosedural
|
Proses Berpikir dan Dimensi Pengetahuan:
( C1 )-
Faktual
(C2) -
Konseptual
(C3) –
Konseptual
( C4 ) – Konseptual
( C4 ) – Konseptual
( C5 ) –Konseptual
( C5 ) – Prosedural
( C6 ) – Prosedural
|
IPK Penunjang:
|
1. Menuliskan rumus fungsi
2. Menyalin variabel dengan konstanta domain fungsi
|
|||
IPK Kunci:
Hal 16 SMP Matematika
|
1. Menentukan nilai fungsi
|
||||||
Tingkat Proses Berpikir:
C1 ( Mengingat )
C2 ( Memahami)
C3 (
Mengaplikasikan )
C4 (
Menganalisis )
C5 (
Mengevaluasi )
C6 ( Mencipta )
|
|||||||
IPK Pengayaan: (Tidak Wajib)
|
1. Menentukan nilai fungsi dengan bentuk fungsi
yang lebih komplek
|
||||||
2
|
KD Keterampilan
|
|
|
||||
4.3.
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan relasi dan fungsi
dengan menggunakan berbagai representasi
|
Tingkat Proses Keterampil
an:
C4 – Prosedural
C5 – Prosedural
C6 - Prosedural
|
Langkah Proses Keterampilan:
Mengubah ( P1)
Melatih (P2)
Menyajikan
( P3)
|
IPK Penunjang:
|
1. Mengubah variabel pada rumus fungsi dengan
konstanta domain fungsi
2. Melatih menentukan nilai fungsi dengan berbagai
bentuk fungsi
|
|||
IPK Kunci:
|
1. Menyajikan nilai fungsi pada diagram panah
|
||||||
IPK Pengayaan: (Tidak Wajib)
|
|
||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar