TUGAS IN-2
LK-3. Format Desain Pembelajaran Berdasarkan Model
Pembelajaran
Perumusan
kegiatan dibagi ke dalam beberapa pertemuan, disesuaikan dengan kebutuhan
konten materi yang disajikan.
Tujuan Pembelajaran :
Dapat menentukan perbedaan relasi dan bukan relasi
1. Pertemuan/Pembelajaran
Unit Ke-1: Ke-1/Relasi dan
Fungsi
No
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sumber Belajar/Media
|
Penilaian
|
1
|
Mendeskripsikan relasi dengan berbagai representasi (kata-kata, tabel,
grafik)
Menyatakan relasi dengan berbagai representasi (kata-kata, tabel,
grafik)
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan relasi dengan menggunakan berbagai representasi.
|
Pendahuluan:
-
Mengucapkan salam
-
Berdoa sebelum belajar
-
Tilawah
-
Mengecek kebersihan dan kerapian kelas
-
Memeriksa kehadiran siswa
-
Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit
-
Memberikan motivasi
-
Menginformasikan KD yang akan dipelajari
-
Menginformasikan model pembelajaran yang akan
digunakan
|
Sikap
- Penilaian
observasi guru
Pengetahuan:
-
Tes formatif melalui hasil lembar kerja disaat
pembelajaran
-
Tes lisan dilakukan saat pembelajaran berlangsung
Keterampilan
-
Penilaian unjuk kerja
-
Penilaian presentasi
|
|
Inti:
1.
Stimulation (Pemberian Rangsangan)
Peserta didik mengamati dan mendiskusikan permasalahan pada LKPD yang
dibagikan oleh guru.
2.
Problem Statement (Identifikasi masalah)
-
Peserta didik mencermati LKPD dan permasalahan yang
ada dalam LKPD tersebut
-
Peserta didik
secara kolaboratif mendiskusikan dan melakukan tanya jawab terkait
pengerjaan LKPD, serta menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan (alat tulis,
dsb).
3.
Data Collection (Pengumpulan data)
-
Peserta didik secara kolaboratif mengumpulkan
informasi-informasi yang ada dalam LKPD terkait hal-hal yang diketahui dan
ditanyakan.
-
Peserta didik mendiskusikan informasi-informasi lain
yang mungkin dapat digunakan untuk menyelesaikan LKPD.
4.
Data Processing (Pengolahan data)
-
Peserta didik secara kolaboratif mengolah informasi
yang diperoleh untuk menyelesaikan LKPD 1 secara terurut.
5.
Verification (Pembuktian)
-
Peserta didik secara kolaboratif melakukan pembuktian
kebenaran penyelesaian LKPD dengan merunut kembali langkah-langkah yang telah
dilakukan.
-
Peserta didik secara kelompok menyajikan hasil
diskusi kepada kelompok lain di depan kelas.
-
Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap hasil
presentasi.
6.
Generalization (Penarikan kesimpulan)
-
Peserta didik secara bersama-sama menarik kesimpulan
dari hasil pengerjaan LKPD.
-
Peserta didik mendapat penguatan terkait kesimpulan
yang telah dibuat secara bersama-sama.
|
-
Alat tulis
-
LKPD
-
Laptop
-
Proyektor
-
Buku paket
|
||||
Penutup:
-
Siswa diberikan apresiasi
atas keikutsertaannya dalam pembelajaran.
-
Siswa diberikan informasi
materi untuk pertemuan berikutnya
-
Berdoa setelah belajar
-
Mengucapkan salam
|
LK-4. Penilaian Berorientasi HOTS
Tujuan
Kegiatan:
Menyusun soal berorientasi HOTS.
Langkah
Kegiatan:
1.
Buatlah penilaian pengetahuan dengan
langkah-langkah sebagai berikut:
a.
Buatlah kisi-kisi soal sesuai dengan mata
pelajaran yang diampu sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang telah
ditentukan di desain pembelajaran! (LK-4a)
b.
Buatlah soal pada kartu soal yang tersedia,
setiap peserta minimal membuat 1 (satu) soal pilihan ganda dengan level
kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi (LK-4b) dan penalaran serta 1
(satu) soal uraian (LK-4c)!
c.
Anggota kelompok secara berpasangan menelaah
soal menggunakan format telaah soal HOTS yang tersedia (LK-4d).
2.
Presentasikan hasil kerja, peserta lain
menyimak presentasi dengan cermat untuk
memberikan saran perbaikan!
3.
Perbaiki hasil yang dibuat sesuai saran!
LK-4a. KISI KISI-KISI PENULISAN SOAL
Jenis sekolah : Sekolah Menengah Pertama ( SMP )
Jumlah soal : 2 buah
Mata
pelajaran :
Matematika
Bentuk
soal/tes : PG 1 soal dan Uraian 1 soal
Penyusun : Kelompok Algebra
Alokasi waktu : 15
Menit
Kisi-Kisi Penulisan Soal
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
IPK
|
Materi
Pokok
|
Indikator
Soal
|
Level
|
Bentuk Soal
|
Nomor
Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
1
|
4.3
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
Dengan menggunakan berbagai representasi
|
Relasi dan fungsi
|
Menentukan nilai fungsi
|
C6
|
PG
|
1
|
|
2
|
Menentukan rumus fungsi
|
C6
|
Uraian
|
2
|
2. KARTU SOAL
LK -4b KARTU SOAL PILIHAN GANDA
( PG )
KARTU SOAL NOMOR 1
(PILIHAN
GANDA)
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII / 1
|
|
Kompetensi Dasar
|
4.3
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
Dengan menggunakan berbagai representasi
|
Materi
|
Relasi dan fungsi
|
Indikator Soal
|
Menentukan nilai fungsi
|
Level Kognitif
|
Mencipta ( C6 )
|
Soal :
Diketahui bentuk fungsi f(x) = ax + b.
Jika f( -3 ) = - 13 dan f(4 ) = 32,
maka f(9) = .....
a. 57 c. 37
b. 47 d. 27
|
Kunci Pedoman
NO
SOAL
|
KUNCI/KRITERIA
JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
f(x) = ax + b -----à f( -3 ) = -3a + b = - 13
f( 4
) =
4a + b = 22
-3a + b = - 13
4a + b = 22
-7a = 35
a = 5 dan
b = 2
Sehingga
f(x) = 5x + 2 dan f(9) = 5(9) +
2 = 47
|
1
1
2
1
|
Jumlah
|
5
|
Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena, menuntut kemampuan siswa untuk
:
1.
Menganalisa bentuk f(x) = ax + b, menjadi f( -3 ) = -3a + b = - 13 dan f( 4 )
= 4a + b = 22
2. Menciptakan rumus f(x) = 5x + 2
3. Mengaplikasikannya, dengan nilai x
LK-4c
KARTU SOAL URAIAN ( UR )
KARTU SOAL NOMOR 2
(URAIAN)
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester :
|
|
Kompetensi Dasar
|
4.3
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
Dengan menggunakan berbagai representasi
|
Materi
|
Relasi dan fungsi
|
Indikator Soal
|
Menentukan rumus fungsi
|
Level Kognitif
|
Mencipta ( C6 )
|
Soal
:
Diketahui bentuk fungsi f(x) = ax + b. Jika f(5) = 13 dan f(2) = 4,
maka tentukanlah :
a. nilai
a dan b
b. rumus fungsinya
c. nilai dari f(-7) adalah ....
|
Kunci Pedoman
NO
SOAL
|
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
f(x) = ax + b -----à f( 5 ) = 5a + b = 13
f(
2) =
2a + b = 4
5a + b = 13
2a + b = 4
3a = 9
a = 3
dan b = - 2
Sehingga
f(x) = 3x - 2
dan
f(-7) = 3(-7) - 2 = - 23
|
1
1
2
1
|
Jumlah
|
5
|
Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena, menuntut kemampuan siswa untuk
:
1.
Menganalisa bentuk f(x) = ax + b, menjadi f( -3 ) = -3a + b = - 13 dan f( 4 )
= 4a + b = 22
2. Menciptakan rumus f(x) = 5x + 2
3. Mengaplikasikannya, dengan nilai x
Tidak ada komentar:
Posting Komentar