MUDIK

MUDIK
SUKABUMI - YOGYAKARTA

Kamis, 21 November 2019

KONSEP HOTS DALAM PEMBELAJARAN



Identifikasi kegiatan pembelajaran PPK, Lietarasi dan HOTS pada Lk berikut!

Kegiatan Pembelajaran HOTS
BARISAN DAN DERET ARITMATIKA SMK – DL

PPK
Religiositas :
·         Bersalaman dengan  Ibu ketika mau berangkat ke sekolah
·         Bersalaman dengan ayahnya ketika sampai gerbang sekolah
·         Bersalaman dengan guru
·         Mengucapkan salam ketika guru memasuki ruang kelas
·         Ketua kelas ( atas instruksi guru ) memimpin ber’doa sebelum PBM dimulai
·         Atas instruksi guru membaca Qur’an ( S. Al-Ikhklas, S. Al-Falaq dan S. Annas ) sebelum PBM dimulai.
Nasionalisme :
·         Siswa mengamati slide proyektor yang ditayangkan guru dengan seksama
·         Siswa dengan tertib mengajukan dan menjawab pertanyaan guru
Kemandirian :
·         Siswa datang ke sekolah tepat waktu ( diantar ayahnya dengan motor )
·         Siswa memakai pakaian sesuai tata tertib sekolah
·         Video yang memperlihatkan siswa sedang membaca buku di taman sekolah sebelum bel masuk berbunyi
·         Siswa duduk di kursinya masing-masing dalam kelas dengan tertib
·         Siswa membaca buku di dalam kelas dengan tertib sebelum PBM dimulai ( walaupun guru belum ada )


Gotong Royong :
·         Video yang memperlihatkan siswa sedang  memungut sampah dan dimasukan di tempat sampah
Pada saat berjalan di lingkungan sekolah ( membantu tukang kebun / penjaga sekolah )
·         Siswa  melaksanakan kerja kelompok saat PBM berlangsung
Integritas :
·         Siswa menjawab pertanyaan guru dengan benar dan tepat
·         Siswa menyimak pertanyaan guru dengan baik setelah melihat gambar pada slide proyektor
Literasi

Literasi baca-tulis :
·         Video yang memperlihatkan siswa sedang membaca buku di taman sekolah sebelum bel masuk berbunyi
·         Siswa membaca buku di dalam kelas dengan tertib sebelum PBM dimulai ( walaupun guru belum ada )
Literasi numerasi :
·         Siswa membaca angka-angka yang tertera pada spedometer
·         Siswa menjawab soal hitungan
·         Siswa menganalisis rumus barisan dan deret bilangan aritmatika
Literasi sains :
·         Siswa membaca spedometer yang berguna untuk menandakan kecepatan sepeda bermotor
Literasi digital :
·         Siswa membaca materi yang ada di slide proyektor
 Literasi financial :
·         Siswa berangkat ke sekolah diantar oleh orang-tuanya
·         Siswa membaca slide yang menerangkan tentang biaya taksi dengan argo  Rp. 5.000 / km
Literasi Budaya dan Kewargaan :
·         Siswa mengajukan pertanyaan dan menjawabnya dengan sopan-santun
Transfer Knowledge ( TK )
(kegiatan Pembelajaran yang menggambarkan TK (c4-c6))
·         Siswa menyimak slide tentang  barisan bilangan dengan pola yang tetap ( penambahan ) bilangan yang tetap dinamakan, “ barisan bilangan aritmatika “.
·         Siswa mengkaji bilangan-bilangan yang tertera pada slide
·         Siswa diberi kesempatan untuk menganalisis angka-angka pada spedometer melalui bimbingan guru
·         Menentukan permasalahan yang akan dibahas tentang berisan aritmatika
·         Memberi kesempatan untuk mengerjakan LKS sesuai arahan guru
·         Mengumpulkan data-data yang di dapat pada LKS
·         Mengolah data berdasar data yang telah diperoleh
·         Mengeksplorasi masalah, menentukan objek yang berhubungan dengan masalah, memeriksa masalah, memecahkan masalah, menemukan informasi untuk menentukan solusi
·         Melaksanakan rencana yang telah ditentukan
·         Memeriksa solusi, pemeriksaan solusi terhadap pemecahan masalah

Critical thinking, Creativity ( CC )
(kegiatan Pembelajaran yang menggambarkan CC)
·         Tanya-jawab guru tentang perbedaan gambar yang ditayangkan dan siswa menganalisa adanya perbedaan tersebut
·         Tanya-jawab guru dan siswa tentang bilangan-bilangan yang tertera pada gambar ( spedometer )
·         Siswa menyimpulkan tentang deretan bilangan yang tertera pada spedometer bawasannya bilangnannya kelipatan 20.
·         Dengan tanya-jawab, Siswa menganalisa gambar lain ( lingkaran berwarna ) susunan jumlah warna : 1, 3, 5, 7 yang ternyata memiliki pola.
·         Video yang menayangkan pertanyaan siswa, “ Apakah selisih suku-suku pada barisan bilangan selalu positif ?”, bagaimana dengan bilangan yang tertera pada lampu trafig liht yang selalu menurun ?
·         Dari hal di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa : Peserta didik dapat mengidentifikasi, menganalisis, menginterprestasikan, dan meng-evaluasi bukti-bukti, argumentasi klaim, dan data-data yang tersaji secara luas melalui pengkajian secara mendalam, serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Problem Solving ( PS )
(kegiatan Pembelajaran yang menggambarkan PS)
·         Menentukan permasalahan berupa barisan aritmatika
·         Mengeksplorasi masalah berupa angka-angka pada spedometer yang dijadikan sebagai acuan penentuann aritmatika
·         Merencanakan solusi
·         Melaksanakan rencana dengan LKS
·         Memeriksa solusi

LK 1b – 1d

Mata Pelajaran/Tema/Sub Tema            : Matematika / Relasi dan Fungsi/ Nilai Fungsi
Kelas                                                                     : VIII ( Delapan )
Kompetensi Inti                                               :
3.       Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.       Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

LK-1b. Pasangan KD dan Target dari KD pengetahuan dan Keterampilan

KD Pengetahuan :
3.3 Mendeskripsikan dan menyatakan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)

Target KD Pengetahuan :
1. Mendeskripsikan relasi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)-C1
2. Menyatakan relasi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)-
3. Mendeskripsikan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)
4. Menyatakan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)


KD Keterampilan :
4.3     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
           Dengan menggunakan berbagai representasi

Target KD Keterampilan :
1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dengan menggunakan berbagai representasi
2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi





LK-1c. Matrik sumbu simetris KD Pengetahuan

DIMENSI PENGETAHUAN
(Permendikbud No. 20 Tahun 2016 Tentang SKL Pendidikan Dasar dan Menangah)
METAKOGNITIF










PROSEDURAL
Menganalisis
Menyatakan/melaporkan/mempresentasikan/mengemukakan/menyampaikan/mengutarakan/menggambarkan
Menyatakan/melaporkan/mempresentasikan/mengemukakan/menyampaikan/mengutarakan/menggambarkan
KONSEPTUAL
Mendeskripsikan/menjelaskan/menguraikan/melukiskan/merumuskan/menceritakan
Menemukan
Menyajikan
Mengumpul
kan
FAKTUAL
Mendeskripsikanmen/menjelaskan/menguraikan/melukiskan/merumuskan/menceritakan
C1
MENGINGAT
C2
MEMAHAMI
C3
MENGAPLIKASIKAN
C4
MENGANALISIS
C5
MENGEVALUASI
C6
MENCIPTA
 DIMENSI PROSES BERFIKIR
Ranah Kognitif (C1 – C6) Taksonomi Bloom

 



LK-1d. Format Perumusan IPK

No
KD
Tingkat Kompetensi KD
Proses Berpikir
(C1-C6)
Dimensi Pengetahuan
IPK
Materi dan Sub Materi

1


3.3
Mendeskripsikan dan menyatakan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)

Dimensi Pengetahuan:







Faktual




Konseptual








Prosedural




Proses Berpikir dan Dimensi Pengetahuan:






 ( C1 )- Faktual

 (C2) - Konseptual
 (C3) – Konseptual
( C4 ) – Konseptual
( C4 ) – Konseptual
( C5 ) –Konseptual
( C5 ) – Prosedural
( C6 ) – Prosedural


IPK Penunjang:


1. Menuliskan rumus fungsi

2. Menyalin variabel dengan konstanta domain fungsi


IPK Kunci:

Hal 16 SMP Matematika



































1. Menentukan nilai fungsi
Tingkat Proses Berpikir:
C1 ( Mengingat )
C2 ( Memahami)

C3 ( Mengaplikasikan )
C4 ( Menganalisis )
C5 ( Mengevaluasi )
C6 ( Mencipta )

IPK Pengayaan: (Tidak Wajib)

1. Menentukan nilai fungsi dengan bentuk fungsi yang lebih komplek
2

KD Keterampilan



4.3.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
dengan menggunakan berbagai representasi

Tingkat Proses Keterampil
an:








C4 – Prosedural
C5 – Prosedural
C6 - Prosedural


Langkah Proses Keterampilan:
Mengubah ( P1)
Melatih (P2)
Menyajikan
( P3)

IPK Penunjang:

1. Mengubah variabel pada rumus fungsi dengan konstanta domain fungsi

2. Melatih menentukan nilai fungsi dengan berbagai bentuk fungsi

IPK Kunci:













1. Menyajikan nilai fungsi pada diagram panah


IPK Pengayaan: (Tidak Wajib)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar