MUDIK

MUDIK
SUKABUMI - YOGYAKARTA

Sabtu, 18 Desember 2021

 SANGHYANG POEK dan SANGHYANG HEULEUT
CIANJUR - JABAR


      Pencanangan tempat wisata di setiap kecamatan, khusunya daerah Jawa barat hampir terwujud. Tetapi dikarenakan adanya wabah pandemi Covid-19 tempat-tempat wisata menjadi sepi dan memang oleh pemerintah di instruksikan di tutup semesntara, supaya wabah Virus Covid-19 dapat di atasi. Akibat hal tersebut maka otomatis dari segi pemeliharaan juga menjadi terbengkelai.  Demikian juga tempat wisata " Sanghyang Poe dan Sanghyang Heuleut ", yang terletak di Cianjur - Jabar ini, tempat-tempat wisata buatan ini menjadi ditumbuhi rumput termasuk saung-saung yang ditinggalkan tuannya, hanya rumput yang tumbuh subur.

      Tepatnya hari Sabtu, 18 Desember 2021 kebetulan libur kerja, saya ( Agus Supranto, S.Pd) bersama rekan ( R. Diky Tresnasena, S.Pd, MM ) yang kebetulan sama-sama suka touring dengan motor, suka berkunjung ke tempat-tempat wisata termasuk  " Sanghyang Poe dan Sanghyang Heuleut ", ini. Kami sesuai kesepakatan berangkat dari Sukabumi pukul kira-kira 07.30  WIB dan sampai ke lokasi kira-kira pukul 11.00 WIB.  Kendaraan ( Motor ) kami parkir di tempat parkir bekas pembuatan untuk mencetak bahan-bahan bangunan cor pembangkit listrik Saguling. Dengan tiket masuk Rp. 20.000,-/orang dan parkir Rp. 5.000,- kami bersama dengan yang lain jalan kaki menuju lokasi. Berikut dokumentasi yang dapat kami ambil :

Turbin Pembangkit Listrik yang ternyata digunakan se-Jawa dab Bali

 
Pipa aliran air dari waduk Saguling


Pos penjagaan loket pintu masuk wisata yang saat kami berkunjung telah dikosongkan


Jalan menuju tempat Wisata

Tempat wisata pertama ( Gua Poek ) - Mulut Gua


Kondisi di dalam Gua di-Foto dengan HP Samsung J5 dengan menggunakan sinar HP. Gua ini dilihat kondisinya alami, karena bentuknya tidak teratus. Dari mulut Gua sampai pintu keluar Gua sekitar 50 m dan situasi di dalam gelap. Didalam Gua tedapat jalan kekanan, katanya bisa keluar juga tetapi harus dengan badan miring, karena agak sempit.


Mulut keluar Gua

Situasi dan kondisi jalan samping Gua Poek, menuju Danau Sanghyang Heuleut


Pos penjagaan yang telah sepi

Kondisi jalan menuju tempat Wisata Sanghyang Heuleut


Wajah Danau Sanghyang Heuleut

Jarak tempat parkir kendaraan ke Danau Sanghyang Heuleut adalah 3 km. Jarak pulang - pergi  dari              ( Sukabumi - Saguling  tempat wisata ini )  berdasarkan spedometer tertera : 136,8 km, dan pukul 17.30 WIB kami sudah kembali ke Sukabumi lagi. Demikian tulisan ini kami buat mudah-mudahan menjadi kenangan dan bermanfaat. Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar