MUDIK

MUDIK
SUKABUMI - YOGYAKARTA

Kamis, 07 September 2023

KECELAKAAN LALU LINTAS 
DI CIPUTAT

Hari itu Selasa, 6 September 2023 sesuai keputusan sebuah tugas dari hasil rapat, dari pimpinan yang secara situasi dan kondisi etis susah saya tolak menyebabkan saya harus mengantarkan rombongan ta'ziah ke Ciputat. Seperti yang diberitakan sebelumnya, orang tua    ( Ibu ) dari rekan kami ( Hj. Fadian Utami, M.Pd ) sakit keras yang menyebabkan beliau meninggal. Untuk itu sudah menjadi kewajiban sosial sebagai rekan kerja kita warga sekolah  secara perwakilan berangkat ke lokasi untuk ta'ziahuntuk menyampaikan ucapan bela sungkawa dan berangkatlah kami ke lokasi Perumahan Bukit Nusa Indah, Jl. Kamboja No. 322B, RT.06 RW.13, Serua Ciputat Kota Tangerang Selatan - Banten 15414. Sesuai rencana kami 6 orang ( saya sendiri/AS, Bpk. RD, Ibu SK., Ibu LD., Ibu ES., Ibu Ori ) pukul 07.00 WIB pagi kumpul di Masjid Agung Cisaat untuk berangkat sama-sama.

Kuda merahku bersama rekanku ( Bpk. Diky tresnasena, M.Pd )

Persiapan rekan-rekan sebelum berangkat

Dengan menggunakan tol baru Bogor-Ciawi-Sukabumi ( Bocimi ) walaupun belum sempurna beras kami memasuki tol baru Parungkuda. Tidak terlalu lama kurang lebih pukul 08.30 WIB sampailah kami di rest area Ciawi. Setelah cukup istirahat, maka kira-kira pukul 09.00 WIB kami berangkat kembali. Dengan bantuan adik ( Aris ) kami sekali-kali komunikasi sebagai penunjuk arah menuju lokasi. Lewat tol Ciawi lurus terus - lalu Tol Lingkar Luar Bogor - lalu keluar " Warung jambu" - lalu " Semplak " - Keluar jalan biasa " Parung". - Sampai Ciputat - Via Fly over 1 - Via Fly over 2 ( ambil kiri jangan naik ), lalu belok iri jangan lurus - Ciputat lurus- Bukit Nusa Indah Sebelah kiri jalan. Kira-kira pukul 11.00 WIB sampailah kami di lokasi.

Lokasi : tempat Ta'ziah di Perum Nusa Indah Ciputat
Di lokasi kami kira-kira selama 1 jam sampai terdengar adzan dhuhur, kemudian kami semua pamit untuk pulang meneruskan perjalalan. Masih waktu dhuhur maka kami di tengah perjalanan ingin mencari masjid untuk melaksanakan sholat dhuhur berjamaah. Tetapi masjid di belekah kiri ternyata susah, maka kami bermaksud untuk berhenti masjid mana saja. Begitu menemukan masjid yang luas, nyaman di sebelah kanan masih daerah Ciputat, maka saya berniat untuk membelokan mobil ke sebelah kanan. Tampak terdapat motor yang masih sangat jauh maka kami belokan mobil. ternyata begitu mobil hampir sampai depan  gerbang masjid terlihat motor ( RX-King ) yang ternyata melaju sangat cepat ( kurang-lebih 100 km/jam ), sehingga saya susah menghindar, maka terdengarlah " PRAAAAKKK" motor telah menabrak mobil-ku dengan sangat keras. Lalu kuparkirkan mobil agak sedikt kedalam supaya tidak mengganggu lalu aku keluar mobil untuk melihat keadaan. Terlihat motor : tergeletak di samping mobil depan pintu masuk masjid dengan lampu depan, spion pecah dan beberapa bagian lain pecah berkeping-keping. Juga mobil : rusak berat bagian pintu sebelah kiri sobek. list bolong, pimtu depan kiri deklok, pintu belakang kiri doret, spion kiri jebol, bemper bawah bolong, talang air depan kiri pecah, body depan dalam pintu deklok. 

Kondisi kendaraan-ku yang rusak ( Rush Th. 2018 )
Ku dekati pengendara motor yang sedang sedang tertatih minggir mencari tempat duduk, dan kami berikan waktu untuk supaya dia tenang terlebih dahulu. Alhamdulillah ,... walaupun terlihat kaki lecet luka-luka sedikit berdarah terlihat pengendara motor masih selamat dan bisa jalan walaupun tertatih. Dengan bantuan orang-orang sekitar pengendara yang tadinya marah aku beri kesempatan untuk tenang, akhirnya sedikit demi sedikit pengandara motor mengerti dan menyadari dari sebuah MUSIBAH yang manusia sudah mengerti akan TAKDIR. Dengan tawar menawar yang tidak terlalu sulit dengan beberapa pengertian dengan kesadaran setelah beberapa lama dan dengan aku berikan uang Rp. 400.000 selesailah urusan dengan pengendara motor. Selesai sholat dan makan di masjid kami rombonganpun meneruskan perjalanan. Dengan waktu yang tidak terlalu lama via tol kembali, sekitar jam 15.00 WIB kami sudah sampai kembali di Sukabumi. Maka saya dengan pa Rd. berkehendak langsung membawa mobil ke bengkel langganan biasa ( bengkel kerja-sama toyota yaitu Cikondang ). Tetapi ternyata bengkel ini sudah tutup diambil alih oleh Toyota dengan lokasi depann Benglap, maka kamipun ke sana. Sesampai di lokasi mobil langsung diperiksa dan di kalkulasi tentang besaran biaya perbaikan yang ternyata cukup lumayan merogoh dompet yaitu :

Besaran biaya semula

Dengan beberapa penggantian barang original dengan barang bukan original, biaya menjadi :

Dengan waktu yang tanpa pikir panjang maka pembiayaan langsung kami perintahkan untuk memproses. Tetapi karena barang yang rusak harus ganti ( Pintu dekan kiri + Spion depan kiri + talang air depan kiri ) dan barang  tidak ready tersedia, maka harus inden dan harus ada uang muka sekitar 50 %, maka dengan HP langsung kami transfer via m-banking :

Sampai saat  tulisan ini dibuat Jum'at, 8 September 2023 Pukul 00.15 WIB mobil masih di rumah menunggu barang inden di kirim. Mudah-mudahan hasil reparasi dapat memuaskan kembali keadaan kendaraan seperti baru lagi tanpa cacat sedikitpun.
Demikian tulisan ini dibuat untuk berbagi ke pembaca, dengan harapan kejadian ini di ingat supaya tidak ter-ulang kembali. Aamiiin ya robbal'aalamiiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar