MUDIK

MUDIK
SUKABUMI - YOGYAKARTA

Minggu, 29 Oktober 2023

 AMANAT  PEMBINA UPACARA 30 OKTOBER 2023
( Materi Sumpah Pemuda )

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.
Alhamdulillahhirobbil’alamiin washola,........

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Yang terhormat Kepala Sekolah SMPN 1 Kadudampit, Bpk./Ibu  guru, beserta staff
Terlebih bagi peserta didik yang Bpk. saya cintai dan Bpk. banggakan.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT Tuhan semesta alam yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya sehingga kita di sini bisa berkumpul dan dapat melaksanakan upacara bendera seperti biasa

Sholawat serta salam serta tercurahkan junjungan Nabi agung Muhammad SAW yang kita harapkan syafaatnya di yaumil akhir. Amiin.Pertama-tama Bpk. Mengucapkan terima-kasih kepada kelas anak-anak kelas 8B yang telah bersedia bertugas melaksanakan upacara ini, mudah-mudahan,.....

Peserta upacara yang berbagia,..... tentunya masih hangat di benak kita,... di hati kita, bahwasanya 1 hari yang telah kita lewati tepatnya 28 Oktober : kita semuanya,... bangsa Indonesia memperingati hari yang sangat bersejarah yaitu “ SUMPAH PEMUDA”.

Para pemuda Indonesia pada masa itu 28 Oktober 1928 yaitu 95 tahun yang lalu telah memberikan kita warisan berharga berupa Sumpah Pemuda, yang bunyinya  :

Pertama:
Kami putra dan putri Indonesia,
mengaku bertumpah darah yang satu,
tanah Indonesia.
Kedua:
Kami putra dan putri Indonesia,
mengaku berbangsa yang satu,
bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami putra dan putri Indonesia
menjunjung bahasa persatuan,
bahasa Indonesia.
Isi Sumpah Pemuda menjadi pedoman dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa yakni Indonesia.

Atas sumpah tersebut tentunya, menjadi landasan bagi kita semua untuk selalu berjuang demi bangsa Indonesia. Mereka juga telah memberikan kita inspirasi demi kemajuan bangsa Indonesia. Sebagai generasi penerus bangsa, kita semua, kalian semua peserta didik SMPN 1 Kadudampit harus menghargai jasa-jasa para pemuda tersebut dan melanjutkan cita-cita mereka untuk membangun Indonesia ini, membangun citra SMPN 1 Kadudampit menjadi lebih baik, membangun lingkungan kita dimana kita berada menjadi lebih baik. Membangun bangsa Indonesia ini menjadi lebih baik.

Dari sumpah tersebut yang terpenting kita sekarang harus dapat memetik nilai peringatan tersebut. Apa yang kita petik dari peringatan sumpah pemuda tersebut ? yaitu kita harus dapat menanamkan, membudayakan dan membiasakan nilai-nilai positif dari sumpah tersebut. Nilai-nilai yang Bpk. Maksud tentunya hal-hal yang berharga bagi hidup kita dan bagi bangsa indonesia, diantaranya adalah :

1.       Nilai-nilai kebangsaan, patriotisme, nasionalisme, dan persaudaraan.

2.       Nilai semangat juang dan optimisme dalam menghadapi segala tantangan dan kesulitan yang ada.

3.       Menjaga semangat belajar dan berkarya untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan

4.       Menjaga semangat berinovasi dan berkreasi

5.    Menjaga semangat berkontribusi dan berpartisipasi dalam pembangunan melalui berbagai kegiatan positif dan  produktif.

6.       Menjaga semangat toleransi dan kerukunan antar sesama

7.   Menjaga semangat cinta tanah air dengan menjaga semangat cinta lingkungan dengan menjaga kelestarian lingkungan.

Jadi, marilah kita berkomitmen pada hari ini, pada peringatan Hari Sumpah Pemuda, untuk bersatu, memiliki tekad kuat, dan menjaga semangat nasionalisme. Mari kita berperan aktif dalam membangun Indonesia yang lebih baik. Mari kita jadikan Sumpah Pemuda sebagai landasan atau tonggak bagi tindakan kita. Semoga semangat persatuan dan nasionalisme selalu menyertai kita semua.

Terima kasih, hormat kepada para pemuda pahlawan bangsa, dan hormat kepada bangsa Indonesia yang kita cintai. Selamat Hari Sumpah Pemuda.

Sekian yang dapat bapak sampaikan, atas kurang dan lebihnya mohon maaf, wabillahi taufiq wal hidayah,
Wassalammualaikum warah matullahi wa barakatuh



Tidak ada komentar:

Posting Komentar