MUDIK

Kamis, 30 September 2021

KARANG POTONG

A. Via MOTOR

Karang potong, ..... ? menurut bacaannya daerah berupa karang yang terpotong, mungkin itu menurut sejarahnya. Seiring dengan berkembangnya zaman, ternyata tidak demikian kenyatannya. Karang potong merupakan tempat wisata yang berada di daerah Cianjur selatan - cianjur paling selatan. Karena viralnya di medsos  tempat tersebut ( waktu itu ), membuat kami ( yang kebetulan touring ) merencanakan mengunjungi termpat tersebut.

Berbekal semangat kami cukup berdua ( AS dan Rd ) tepatnya kapan sudah lupa, yang jelas pada bulan Sesember 2021 kami berkumpul di tempat seperti biasa pukul 06.30 dari Indomart jalur - SUKABUMI - berangkat. Ditengah perjalanan beberapa tempat kami nikmati maka kami berhenti :

Terdapat suatu daerah ( jika kita ke Palabuhanratu via Cikidang : jalan kanan-tebing gunung dan kiri jurang yang dalam ).

Setelah lewat - CIBEBER - kira-kira perjalanan 2 Jam yaitu pukul 09.00 sampailah kami di - PAGELARAN - . Kami berhenti seperti yang pernah kami lakukan dan rencanakan sebelumnya di tempat ini kami berhenti untuk sarapan dengan menu ayam kampung goreng+petai yang nikmat. Di sini kami sempat berhenti berfoto :

Setelah dirasa cukup, perjalanan kami teruskan kira-kira 1 jam kemudian sampailah kami di - SUKANAGARA - Perjalanan terus sampailah di alun-alun - SINDANG BARANG -

Dari arah Sukabumi ke Sindang Barang, sampai Sindang barang jalan pecah jadi 2 ( kiri : Pangandaran dan kanan : Surade ). Perjalanan kami teruskan ke kiri, kira-kira 5 km pada pukul 11.30 lah  sampailah kami di tempat tujuan dengan menggunakan motor perjalanan 5 Jam di - KARANG POTONG -  Cianjur selatan. Berikut beberapa dokumentasi yang sempat kami ambil :

Daerahnya baru dibangun, jadi memang merupakan tempat wisata buatan ( bukan alami ). Dengan biaya masuk Rp. 25.000/orang kami masuk tetap dengan Prokes ( memakai masker dan selalu bawa hand sanitizer ), karena situasi masih pandemi virus korona ( Covid-19 ). Kami di tempat ini tidak lama hanya kira-kira 30 menit dikarenakan : suasana cukup panas dan rencana yang kami laksanakan pulang-pergi. Maka pada pukul 12.00 kami meneruskan perjalanan kembali pulang via - SINDANG BARANG - lalu Cidaun - Cugenang ....dst. sempat berhenti di warung minum dan sholat dhuhur dijama' ashar berjamaah. Perjalanan melewati - UJUNG GENTENG - SURADE - Alun alun Surade kira-kira 200 m belok kanan jalan pintas lalu tembus - LENGKONG - dan seterusnya via Bojong Haur - JAMPANG TENGAH - dan kami pisah di - SIMLI - Jl. Palabuhan 2. Sampai rumah kembali kira-kira pukul 16.00 dengan total perjalanan sejauh 370 km.

Alhamdulillah wisata alam yang kami laksanakan ke - KARANG POTONG - kali ini dapat berjalan dengan lancar dan aman, sesuai rencana. Sampai ketemu di wisata alam berikutnya ....... !

B. Via MOBIL

Obyek wisata yang lagi viral saat ini Karang Potong membuat banyak orang penasaran. Maka pada hari Sabtu, 2 Oktober 2021 berangkatlah kami sekeluarga bersama ua Euis ke tempat dimaksud, menggunakan roda 4. Karena jarak yang cukup jauh kami berangkat pagi-pagi dengan bekal yang sudah disiapkan. Singkat cerita sbb. :

Pukul      :

05.30      : Berangkat dari rumah

05.45      : Berangkat dari Kopeng rumah Ua Euis

07.00      : Sampai Cibeber

10.30      : Alun-alun Sindang Barang ( Istirahat 15 Menit )

11.00      : Karang Potong

12.00      : Pulang

( Via : Agrabinta - Cidaun - Tegal Buleut - Surade - Lengkong - Sukabumi )

18.47     : Rumah

Berikut beberapa dokumentasi yang dapat di ambil :