MUDIK

MUDIK
SUKABUMI - YOGYAKARTA

Jumat, 20 Maret 2009

Siklus III - PKM

SIKLUS – III IMPLEMENTASI RPP PKM
SMP NEGERI 5 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA
( Oleh : Agus supranto, S.Pd )



Berbeda dengan siklus I dan siklus II, pada siklus III ini pratikan disamping menyesuaikan materi yang harus disampaiakn kepada peserta didik juga untuk variasi kami mencoba meng-aplikasikan model pembelajaran lain yaitu model pembelajaran langsung. Sesuai dengan pengelolaan model pembelajaran ini, Fase 1 : guru sebelumnya mengakitkan pembelajaran yang akan berlangsung dengan pembelajaran sebelumnya, menyampaikan tujuan, memotivasi peserta didik dan mengkaitkan dengan apa yang mereka pelajari dengan realita kehidupan mereka sehari-hari ( secara kontekstual ). Dilanjutkan guru mempresentasikan pengetahuan atau ketrampilan.
Fase 2 : Guru mendemonstrasikan pengetahuan atau ketrampilan. Oleh karena itu seperti terlihat pada slide ( Foto ) guru sedang mendemonstrasikan bagaimana cara melukis garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran dengan menggunakan jangka dan penggaris. Dalam Fase ini untuk memperjelas dan memotivasi siswa guru menampilkan charta tentang langkah-langkah melukis garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran .
Fase 3 : Pada proses pembelajaran ini adalah membimbing peserta didik untuk berlatih secara mandiri cara melukis garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran. Oleh karena itu dengan media / alat yang telah dipersiapkan sebelumnya peserta didik mempraktikan langsung masing-masing dengan menggunakan jangka dan penggaris tentang melukis garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran sesuai dengan langkah-langkah yang tertera dalam LKS yang telah dibagikan. Dengan LKS maka peserta didik dapat terpandu untuk belajar secara mandiri dan dapat memancing berpikir secara kreatif menggali potensi dalam dirinya. Untuk itulah pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik LKS menjadi sangat penting.
Fase 4 : adalah mengecek pemahaman siswa dan memberikan umpan balik . Untuk mengecek pemahaman pada diri peserta didik tentang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran yang telah dilukisnya, maka diadakan tanya-jawab dalam hal; ini guru dapat memberikan pelatihan langsung secara lisan. Tampak pada slide ( Foto ) bahwa guru sedang mengadakan tanya-jawab pada peserta didik, yang langsung direspon oleh mereka dengan bentuk ekspresi tunjuk jari. Hal ini jelas menandakan akan adanya motivasi yang positif pada diri peserta didik . Untuk lebih menggairahkan dan rasa menantang , guru
dapat memberikan skor / nilai dalam bentuk bintang penghargaan kepada setiap peserta didik yang mampu memberikan jawaban dengan benart sebagai nilai individu.
Bentuk respon inilah yang diharapkan pada proses pembelajaran . Karena respon peserta didik merupakan bentuk aktivitas pembelajaran yang orientasinya pada peserta didik itu sendiri, artinya peserta didik peduli bahkan menerimanya dengan senang bahkan merasa membutuhkan terhadap apa yang sedang dipelajarinya.
Fase 5 : adalah memberikan kepad peserta didik untuk mengadakan pelatihan lanjutan dan aplikasinya. Hal ini dapat pula ( menurut penulis ) peserta didik diberikan tugas untuk dikerjakan di rumah.


---- Selesai ---


Tidak ada komentar:

Posting Komentar